Selasa, 22 Januari 2013

Gen terbaru penyebab kanker usus

Para peneliti dariUniversity of Oxforddan Institute of Cancer Research di London baru-baru ini melakukan scanning gen pada 20 orang yang memiliki sejarah keluarga kanker usus. Mereka lantas menemukan bahwa gen POLE atau POLD1 ternyata mampu memicu perkembangan kanker pada usus.
Seperti yang dilansir dari The Telegraph, para peneliti tersebut juga memeriksa setidaknya 4.000 pasien kanker usus dan 6.700 orang normal. Terbukti, responden yang tidak terserang kanker usus tidak memiliki gen yang disebutkan tadi.

POLE dan POLD1 diturunkan dari orang tua penderita kanker usus pada anaknya. Jika sang anak memang memiliki dua jenis gen tersebut dan mengalami kerusakan, maka ia berisiko besar mengidap kanker usus seperti orang tuanya.

Misalnya salah satu pasien, Joe Wiegand dari Hampshire, yang didiagnosis kanker usus saat usianya masih 28 tahun. Hampir seluruh usus dalam perutnya bahkan sudah diangkat.

"Nenek dari ayah dan saudara perempuan saya menderita kanker usus. Kemudian ayah saya divonis kanker usus ketika berusia 43 tahun. Beberapa sepupu juga mengidap kanker usus dan kanker otak," cerita Wiegand, seperti yang dikutip dari BBC.

Kepala peneliti, Profesor Ian Tomlinson dari University of Oxford menyebutkan kalau gen POLE dan POLD1 cukup langka ditemukan pada seseorang yang punya sejarah keluarga kanker. Namun jika seseorang memilikinya, risiko serangan kanker usus cukup tinggi.

"Dalam jangka pendek, penemuan ini bisa digunakan untuk mendeteksi risiko kanker usus seseorang. Selain itu, semoga ada terapi khusus yang bisa mencegah adanya mutasi gen seperti ini nantinya," tegas Profesor Tomlinson.

Sementara itu, peneliti lainnya, Profesor Richard Houlston dari Institute of Cancer Research menyatakan bahwa penemuan gen baru penyebab kanker usus ini sangat penting. Menurutnya, dokter diharapkan bisa membantu keluarga yang punya sejarah kanker untuk mendiagnosis secara dini dan memberi kesempatan bertahan hidup lebih panjang bagi pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar